Dharma Discussion Forum

please join us
Dharma Discussion Forum

Forum Buddhis Indonesia


Berapa jam anda tidur sehari?

Share

co_ols
Admin
Admin

Male Sagittarius Jumlah posting : 1554
Points : 3046
Join date : 31.03.09
Lokasi : JAPAN ( JAkarta PANas )

Berapa jam anda tidur sehari?

Post by co_ols on Wed Jun 10, 2009 1:46 pm

tahukah anda, Sang Buddha hanya tidur 1 jam setiap harinya?

Arrow http://dharma.forum777.com/sejarah-f29/kegiatan-sang-buddha-sehari2-t79.htm#370

sulit dibayangkan, karna saya kalau tidur kurang dari 8 jam sehari konsentrasi berkurang drastis

bagaimana dg kalian, berapa jam kalian tidur sehari?

apakah meditasi dapat menggantikan porsi tidur kita? misalnya bila biasanya sehari kita tidur 8 jam, lalu kita ubah menjadi 4 jam meditasi dan 4 jam tidur apakah bisa?

beauty
6th Grade
6th Grade

Female Jumlah posting : 283
Points : 830
Join date : 13.06.09
Lokasi : it's a small world

Re: Berapa jam anda tidur sehari?

Post by beauty on Sat Jun 13, 2009 8:36 am

Wajarnya tidur 8 jam/hari.
Tapi saya paling lama bobo 4 jam/hari....... cos emang sulit tidur.

Meditasi 4 jam..... emang meditasi bisa diatur pakai jam?

CMIIW...

co_ols
Admin
Admin

Male Sagittarius Jumlah posting : 1554
Points : 3046
Join date : 31.03.09
Lokasi : JAPAN ( JAkarta PANas )

Re: Berapa jam anda tidur sehari?

Post by co_ols on Sat Jun 13, 2009 9:59 am

beauty wrote:Wajarnya tidur 8 jam/hari.
Tapi saya paling lama bobo 4 jam/hari....... cos emang sulit tidur.
wah hebat, saya ingin seperti anda.
boleh tau resepnya supaya bisa bugar seharian dan tetap konsentrasi walau tidur hanya 4 jam saja sehari?

beauty wrote:Meditasi 4 jam..... emang meditasi bisa diatur pakai jam?CMIIW...
hehehehhh.... itu cuma pengandaian aja koq.

setiap hari anda tidur 4 jam kan, untuk pertanyaan yg sama memangnya 4 jam tidur anda diatur pakai jam?, apakah anda menggunakan alarm untuk membangunkan anda tepat 4 jam, tentu tidakkan?Smile

jadi setahu saya orang yg sudah terbiasa(terlatih) maka alam bawah sadarnya akan secara reflex bisa mengetahui kapan ia harus menghentikan meditasinya tepat seperti keinginannya, misalya kalau ia ingin bermeditasi selama 2 jam, maka setelah 2 jam walau tanpa melihat jam dan tanpa mendengar alarm ia bisa menghentikannya tepat 2 jam. tapi itu cuma perkiraan saya saja, untuk tau kebenarannya mari kita sama2 tunggu pendapat dari yg lainnya.

namaste

beauty
6th Grade
6th Grade

Female Jumlah posting : 283
Points : 830
Join date : 13.06.09
Lokasi : it's a small world

Re: Berapa jam anda tidur sehari?

Post by beauty on Sat Jun 13, 2009 2:34 pm

Tidur 4 jam & tetep bugar, awalnya sih krn terpaksa..... banyak tugas.....
Tapi lama2 jd kebiasaan..... dan kyknya jd penyakit....

Ttg meditasi..... kyknya saya mesti banyak belajar dr anda.
Mohon bimbingannya.

Tq.

co_ols
Admin
Admin

Male Sagittarius Jumlah posting : 1554
Points : 3046
Join date : 31.03.09
Lokasi : JAPAN ( JAkarta PANas )

Re: Berapa jam anda tidur sehari?

Post by co_ols on Sat Jun 13, 2009 2:45 pm

beauty wrote:Tidur 4 jam & tetep bugar, awalnya sih krn terpaksa..... banyak tugas.....
Tapi lama2 jd kebiasaan..... dan kyknya jd penyakit....
kebiasaa yah, kebiasaan yg baik menurut saya
tapi koq malah dianggap jadi penyakit sih hehehehhhh, memangnya ada efek negatif yg anda dapatkan yah koq sampe dibilang jd penyakit.

beauty wrote:
Ttg meditasi..... kyknya saya mesti banyak belajar dr anda.
Mohon bimbingannya.
Tq.
hehehehhh saya mah orangnya angin2an, dulu emang kadang suka meditasi tapi kalo penyakit males kumat yah gak meditasi2 lagi hehehehhhh,
kalo mau yg lebih pengalaman meditasi ko Gun jauh lebih berpengalaman dari saya apalagi ia belajar langsung dari ahlinya, kalo saya mah cuman otodidak aja, mari kita sama2 minta petunjuk guru Gun.

ceyung
4th Grade
4th Grade

Male Taurus Rat
Jumlah posting : 94
Points : 197
Join date : 05.08.09
Age : 32
Lokasi : Jakarta

Re: Berapa jam anda tidur sehari?

Post by ceyung on Mon Sep 28, 2009 7:11 pm

karena kita sudah dibiasakan tidur sepanjang malam sampai pagi. makanya jadi gitu. tidur malam bangun pagi... buddha sudah terlepas dari kebiasaan dan gagasan seperti itu.

selama bermeditasi tubuhnya berposisi dengan rileks - tidak menambah beban kepada tubuh serta mengistirahatkan tubuh. tentu saja dengan pikiran yang terkonsentrasi. karena yang membuat lelah itu adalah ketika pikiran meloncat ke sana kemari...

ketika kita tidur, kita mengistirahatkan bukan cuma tubuh. tapi juga pikiran. ketika tubuh lelah, pikiran belum tentu lelah. tapi ketika pikiran lelah, tubuh juga akan terasa lelah. ketika bermeditasi, biasanya yang membuat lelah adalah dari pikiran. bukan dari tubuh. jadi kalau yang ngantuk pas meditasi itu gara2 pikiran ga terkontrol. makanya jadi cepet cape...

contoh : saat kalian duduk dan bengong serta berpikir ini itu yang ga jelas atau belajar tapi ga bisa konsentrasi - jadi ngantuk ga? << gw sih ngantuk. ngantuk berat malah. hehehe...

tapi saat lagi melakukan hobi kita, main game, dengar musik, baca buku, main musik dengan konsentrasi yang tentu saja lebih fokus karena kita menyukai kegiatan kita - ngantuk?? << gw walau uda begadang semalaman tapi kalo lagi begini pasti seger lagi nih. ntr pas uda beres baru mau pingsan tuh rasanya.

hobi yang cukup menyenangkan saja bisa membuat kita terjaga. apalagi kalau sudah mencapai jhana yang sangat menyenangkan?? meditasi 4 jam juga ga masalah tuh - sayangnya gw blm mencapai jhana. hehe..

Sponsored content

Re: Berapa jam anda tidur sehari?

Post by Sponsored content Today at 3:22 am


    Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 3:22 am