Dharma Discussion Forum

please join us
Dharma Discussion Forum

Forum Buddhis Indonesia


Magnesium, Mineral Penting untuk Wanita

Share

yusuf
5th Grade
5th Grade

Jumlah posting : 246
Points : 910
Join date : 22.10.09

Magnesium, Mineral Penting untuk Wanita

Post by yusuf on Thu Dec 10, 2009 3:55 pm

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting untuk setiap sel tubuh. Ia memiliki lebih dari 300 reaksi biokemikal dalam tubuh kita. Tanpa magnesium, sistem saraf terganggu, kadar insulin kacau, dan jantung kehilangan iramanya.

Pada wanita, kekurangan mineral ini juga membuat gejala PMS dan migren bertambah buruk. Penelitian menemukan bahwa magnesium berkontribusi penting untuk mencegah osteoporosis karena ia berperan besar dalam penyerapan kalsium. Oleh karena itu meski kebutuhan kalsium sudah cukup namun kekurangan magnesium, kalsium tak akan bisa diserap tubuh.

"Mengonsumsi kalsium tanpa magnesium tak akan melindungi wanita dari keropos tulang," kata Mildred Seelig, ahli nutrisi yang telah melakukan studi tentang magnesium lebih dari 40 tahun.

Menurutnya, komposisi antara kalsium dan magnesium adalah dua banding satu. Ini berarti bila Anda mengonsumsi 1000 mg kalsium, kebutuhan magnesium tubuh Anda adalah 500 mg. Sekitar 50 persen magnesium dalam tubuh terdapat dalam tulang.

Bagi kaum wanita, magnesium juga berperan penting untuk mengurangi risiko sindrom pramenstruasi (PMS). Dalam sebuah studi ditemukan konsumsi magnesium sebanyak 200 miligram mampu mengurangi gejala-gejala PMS dibanding partisipan yang mengonsumsi pil plasebo.

Magnesium juga membantu mengurangi penderitaan akibat migren. Para ahli menduga hal ini terjadi karena magnesium membantu mempelebar pembuluh darah dan memperlancar sirkulasi darah ke otak. Magnesium juga bekerja dengan cara mengontrol pengirim pesan di otak, yakni serotonin.

Sejak lama para ahli juga telah melakukan studi mengenai manfaat magnesium untuk mencegah hipertensi karena mineral ini mampu membuat arteri lebih rileks. Penelitian selama 4 tahun terhadap 30.000 pria menunjukkan, mereka yang mengonsumsi diet tinggi magnesium tekanan darahnya lebih rendah dibanding kelompok lainnya.

Meski banyak suplemen yang mengandung magnesium, tapi secara alami magnesium bisa kita peroleh dari sayuran hijau. Sumber lain adalah kacang-kacangan, yogurt, gandum, kedelai, alpukat, dan pisang.

    Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 3:17 am