Dharma Discussion Forum

please join us
Dharma Discussion Forum

Forum Buddhis Indonesia


bingkai refleksi

Share

lani
Moderator
Moderator

Female Pisces Cat
Jumlah posting : 65
Points : 138
Join date : 03.08.09
Age : 29
Lokasi : central java

bingkai refleksi

Post by lani on Sun Sep 13, 2009 12:05 pm

kutipan minggu ini dari ceramah wihara minggu pagi tadi...

SIGAGAP

Si gagap menganggap kekurangannya adalah sebuah kelebihan yang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang. Suatu ketika si gagap melamar sebuah pekerjaan menjadi salesman. Ketika melamar pekerjaan itu, bagian HRD nya berkata, "haiya... bingung aku. Baiklah kamu saya terima tapi perjanjian dalam waktu seminggu jika kamu tidak berhasil menjual kamu saya berhentikan." Si gagap mengangguk. "Baik pak, saya janji" jawab si gagap dengan gagap tentunya. Selang waktu berlalu (Sebagai salesman koran) ternyata yang lebih banyak penjualan adalah sigagap. Kepala HRD nya bertanya kepada si Gagap, kok bisa dia menjual begitu banyak dari orang-orang yang lebih normal darinya.

Si gagap menjelaskan, kalau dia menjual dengan dor to dor (pintu ke pintu) setiap orang ditawarinya, dengan membacakan korannya terlebih dahulu (berita2 yang lagi hot) reaksinya orang bermacam-macam ada yang memang tertarik dengan beritanya, ada juga yang nggak ngerti apa yang diomongin lalu membeli begitu saja.

yang menarik adalah tidak semua kekurangan adalah hal terpahit dalam hidup ini, justru kekurangan adalah sebuah motivasi untuk berbuat lebih baik dan memanfaatkan kesempatan untuk menjadi lebih baik, itu artinya hidup menuju terang.


BERSYUKUR

Suatu ketika ada seorang raja yang hobi berburu ditemani pengawalnya di hutan. Pengawalnya adalah seorang yang pandai bersyukur dalam keadaan apapun. Sang Raja jari kelingkingnya terluka parah dan akhirnya beliau kehilangan jari tersebut. Beliau berduka dan sangat menyanyangkan karena jarinya kini tinggal sembilan buah. Pengawal berkata padanya untuk tetap bersyukur. Mendengar itu sang Raja sangat marah, betapa si pengawal tidak menghormatinya. Raja kesakitan dengan darah berlumuran kemana-mana dengan santainya pengawal itu bilang untuk bersyukur, Raja kesal kemudian menyuruh pengawal lain untuk memasukkannya ke penjara setelah pulang nanti.

Keesokan harinya Raja tidak kapok untuk berburu kembali di hutan. Dasar hari lagi apes, Raja nyasar di hutan dan nyasar disebuah perkampungan primitif yang masih menggunakan manusia sebagai persembahan kepada para dewa atao makhluk halus yang dianggap lebih tinggi dari mereka. Raja ditangkap dan akan dibunuh untuk dikorbankan, tapi kata si ketua Raja tidak sempurna karena jari-jarinya tidak lengkap maka dilepaskan kembali si Raja.

Setelah pulang ke istana sang Raja baru sadar bahwa perkataan si pengawal adalah benar, lalu dibebaskanlah sipengawal yang sudah dimasukkan kepenjara tadi. Setelah Raja menceritakan kejadian tersebut si pengawal berkata, "saya juga bersyukur Raja, kalo saya tidak dipenjara pasti saya sudah mati untuk dikorbankan oleh orang primitif itu hahaha..." Mereka tertawa dan sama-sama bersyukur.

Hmm, kadang kalimat sederhana bersyukur sering kita lupakan begitu saja makanya sering kita tidak merasa bahagia karena kurangnya rasa bersyukur kita terhadap apa yang sudah kita punya. Smile

yusuf
5th Grade
5th Grade

Jumlah posting : 246
Points : 910
Join date : 22.10.09

Re: bingkai refleksi

Post by yusuf on Tue Nov 10, 2009 8:12 pm

namo buddhaya lani, cerita sederhana tp sgt luas artinya, dan sgt baik jika kita dpt menerapkan dlm hidup ini, itulah dharma, dharma ada dimana dan dapat disampaikan oleh siapa saja, kapan saja dalam bentuk apa saja. sadhu3.

lani
Moderator
Moderator

Female Pisces Cat
Jumlah posting : 65
Points : 138
Join date : 03.08.09
Age : 29
Lokasi : central java

Re: bingkai refleksi

Post by lani on Sat Nov 14, 2009 10:43 am

yup, bener sekali Very Happy

oia share juga nih... kadang2 saya tuh merasa bahwa oh saya tahu itu dan saya juga tahu akibat dari itu tetapi ada waktu-waktu tertentu bahwa saya tidak bisa mengendalikannya. Misal saya tahu membenci itu tidaklah bagus dan pastinya hanya sia-sia juga menyiksa diri sendiri akan tetapi saya menyalahkan lingkungan diluar diri yang tidak menyenangkan dan kadang menentang saya, mengapa yah?? Saya tahu teori bahwa semua hanyalah reaksi dari bagaimana diri kita menanggapi suatu masalah atau kebencian itu. Tapi wuh... ketika menghadapinya kok rasanya susah menghilangkan kebencian dari orang yang sudah menyinggung saya. Apa itu tersinggung? semua hanyalah masalah kontak tapi ah... betapa bodohnya saya ini dikendalikan oleh perasaan yang gak menentu dan kenapa kok kadang merasa sulit mempraktekkan welas asih yah huhuhuhu...Sad

co_ols
Admin
Admin

Male Sagittarius Jumlah posting : 1554
Points : 3046
Join date : 31.03.09
Lokasi : JAPAN ( JAkarta PANas )

Re: bingkai refleksi

Post by co_ols on Sat Nov 14, 2009 11:13 am

lani wrote:yup, bener sekali Very Happy

oia share juga nih... kadang2 saya tuh merasa bahwa oh saya tahu itu dan saya juga tahu akibat dari itu tetapi ada waktu-waktu tertentu bahwa saya tidak bisa mengendalikannya. Misal saya tahu membenci itu tidaklah bagus dan pastinya hanya sia-sia juga menyiksa diri sendiri akan tetapi saya menyalahkan lingkungan diluar diri yang tidak menyenangkan dan kadang menentang saya, mengapa yah?? Saya tahu teori bahwa semua hanyalah reaksi dari bagaimana diri kita menanggapi suatu masalah atau kebencian itu. Tapi wuh... ketika menghadapinya kok rasanya susah menghilangkan kebencian dari orang yang sudah menyinggung saya. Apa itu tersinggung? semua hanyalah masalah kontak tapi ah... betapa bodohnya saya ini dikendalikan oleh perasaan yang gak menentu dan kenapa kok kadang merasa sulit mempraktekkan welas asih yah huhuhuhu...Sad
itu semua terjadi karena bathin belum seimbang,
semua manusia pernah mengalami itu dan Sang Buddha menyebutnya dengan kebodohan bathin.
Dengan melatih 8 jalan tengah dengan sungguh2 tanpa kenal lelah maka bathin akan menjadi seimbang dan tak tergoyahkan, maka jalan kecusian akan terbuka.

lani
Moderator
Moderator

Female Pisces Cat
Jumlah posting : 65
Points : 138
Join date : 03.08.09
Age : 29
Lokasi : central java

Re: bingkai refleksi

Post by lani on Sun Nov 15, 2009 12:25 pm

iya Ko Smile

Thanks masukkannya Very Happy

lani
Moderator
Moderator

Female Pisces Cat
Jumlah posting : 65
Points : 138
Join date : 03.08.09
Age : 29
Lokasi : central java

Re: bingkai refleksi

Post by lani on Sun Nov 15, 2009 12:54 pm

ada beberapa cerita dari Romo pandita Tony yoyo;

1. Dahulu ada seorang hartawan dermawan China yang meninggal dan meninggalkan wasiat warisan kepada dua orang putranya. Si anak merasa bahwa ayahnya tidak adil, namun karena masih dalam acara pemakaman maka mereka berdua memutuskan untuk berdamai terlebih dahulu. Setelah itu mereka ribut sampai-sampai disarankan untuk kepengadilan. Dan hakim yang bijaksana menyuruh untuk mencatat apa saja yang diwariskan kepada mereka. Kemudian bertanya pada sia A apakah masih ada yang ketinggalan? Si A menjawab tidak begitu juga sebaliknya dengan si B.
Hakim menyuruh untuk menukar catatan si A dengan si B, kedua-duanya masih merasa tidak ada keadilan lalu hakim mengatakan, "Ya sudah punya si A untuk si B begitu juga sebaliknya" Semua masalah beres.

2. Reaksi positif; seharusnya saya seperti ini yah hehehe...

Seorang wanita sebelum naik pesawat membeli satu bungkus biskuit, sambil menunggu keberangkatan si wanita membaca buku dan memakan biskuit tersebut. Tapi aneh disebelahnya duduk seorang lelaki yang tak dikenal, setiap siwanita mengambil biskuit lelaki itu juga ikut mengambil. Hingga pada sisa terakhir lelaki itu mengambilnya meski disisakan separuh untuk si wanita. Maka dengan kesalnya wanita itu menahan kemarahannya dan membiarkan saja. Lelaki itu pergi entah kemana dan ketika wanita itu duduk dipesawat dia memeriksa tas yang ternyata biskuitnya masih utuh. Nah, lo...

ku fikir2 memang kemarahanku tidak ada artinya jika saja saya bisa selalu bereaksi positif... nah... nah... makanya harus banyak praktek hehehe...

Sponsored content

Re: bingkai refleksi

Post by Sponsored content Today at 9:06 pm


    Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 9:06 pm