Dharma Discussion Forum

please join us
Dharma Discussion Forum

Forum Buddhis Indonesia


hubungan beda agama

Share

ferdy
1st Grade
1st Grade

Male Leo Cat
Jumlah posting : 5
Points : 18
Join date : 05.09.09
Age : 29
Lokasi : Bekasi

hubungan beda agama

Post by ferdy on Sat Sep 05, 2009 4:35 pm

nammo buddhaya,
saya berpacaran sudah lebih dri setahun dgn pacar sy yg bragama islam, bbrpa bulan awal kami brpacaran dia mau ikut sy ke wihara, dan dia sudah brkomitmen untuk ikut agama buddha apabila kami menikah nanti. Tapi bbrapa minggu yg lalu ia bertengkar dngan ibu'y, dan ibu'y brkata, "jika dia mengikuti sy dn melakukan pemberkatan di wihara, ibu'y akan mengusir dia dn tdk menganggap dia sbgai anak lg. lalu krna kjadian trsbut dia memutuskan hubungan'y dngan sy, krna alasan ia tdk mau DURHAKA trhadap orng tua'y, wlaupun dia bilang dia msh syng dn mencintai sy.
Yg ingin sy tnyakan adalah, apakah ia akan Durhaka krna ingin menentukan pilihan hidup'y sndiri, bukankah ini hak Asasi manusia,??
lalu apa yg harus sy lakukan,,??
Mohon petunjuknya,,!! :thinking:

Johanes
5th Grade
5th Grade

Male Cancer Cat
Jumlah posting : 209
Points : 516
Join date : 13.06.09
Age : 41
Lokasi : Jakarta

Re: hubungan beda agama

Post by Johanes on Sat Sep 05, 2009 10:30 pm

Hai ferdy, salam kenal..., kalau menurut saya tidak tepat kalau di bilang durhaka kepada orang tua karena pindah agama, tak ada hubungannya lagi... Mungkin lebih tepat dibilang tidak menurut pada orang tua... Hehehe

co_ols
Admin
Admin

Male Sagittarius Jumlah posting : 1554
Points : 3046
Join date : 31.03.09
Lokasi : JAPAN ( JAkarta PANas )

Re: hubungan beda agama

Post by co_ols on Sat Sep 05, 2009 11:18 pm

rumit juga yah masalahnya.... thinking

tar coba saya mintakan petunjuk om hariyono dan om tanhadi

tanhadi
Moderator
Moderator

Jumlah posting : 58
Points : 293
Join date : 24.05.09

Re: hubungan beda agama

Post by tanhadi on Sun Sep 06, 2009 3:52 pm

@Rekan ferdy

Saya coba untuk memberikan saran ya, begini :

- Pacarmu itu tidak akan menjadi durhaka karena ia berpindah agama , hal ini hanya merupakan " Kefanatikan sang ibu terhadap agama yang dianutnya " atau "egoistis" dan saya berani mengatakan disini bahwa itu adalah " Kegelapan batin " dan beliau tidak memahami makna daripada " mana yang benar dan tidak benar ". Inilah salah satu contoh perbedaan pemahaman antara Buddhis dan non-buddhis.

- Kata-kata Durhaka...sepertinya terdengar mengerikan sekali..., namun bila kita kaji lebih jauh, ternyata tidak lebih dari " Hukum Karma " yang tengah berproses dan berbuah antara dua sosok makhluk/manusia dikehidupan saat ini dan dalam hal ini adalah hubungan antara anak dan ortu.

Kita langsung ke permasalahan anda......
- yang perlu anda sadari terlebih dahulu bahwasanya; JODOH adalah merupakan " tanaman karma" dikehidupan lampau dan berbuah dikehidupan saat ini. Kitapun Tidak tahu apa perbuatan-perbuatan yang telah kita tanam pada masa lalu, namun yang dapat kita rasakan saat ini adalah Hasilnya. Jodoh itu ada waktunya dan ada beberapa macam, al:

** Jodoh sebatas umur , yang akan terpisahkan bila salah satu dari pasangan meninggal dunia terlebih dahulu.
** Jodoh sebatas perceraian , yang akan berakhir bila terjadi perceraian/cerai hidup dalam kehidupan saat ini juga.
** Jodoh sebatas perkenalan, yang akan berakhir segera setelah saling mengenal, kemudian berpisah.
** Jodoh sebatas Waktu, yaitu akan berakhir dalam hitungan perjalanan waktu..yaitu; hari, bulan dan tahun, kemudian setelah itu berakhir.

Semua itu tak lepas dari hukum sebab-akibat/hukum Karma,yang merupakan hasil dari perbuatan-perbuatan kita sendiri.

nah...intinya adalah, semua jalinan , hubungan atau ikatan batin antara kita dengan sahabat/pacar/suami/isteri/ keluarga dll....sifatnya adalah SEMENTARA dan dibatasi oleh Waktu, dan perlu diingat bahwa tidak ada satupun sesuatu yang berkondisi itu bersifat kekal , semuanya mengalami perubahan. Dan apapun yang merupakan suatu ikatan, bila kita tidak Rela untuk melepaskannya, maka penderitaan adalah hasil Pasti yang akan kita terima.

- Saya sendiri saat lalu mengalami seperti yang anda alami saat ini, ...menderitanya bukan main memang, sakit pikiran dan batin .... semuanya hanya karena Cinta..., Saya bisa meyakinkan dia, namun saya gagal meyakinkan ortunya karena Fanatiknya bukan kepalang...., kami bahkan pernah mencoba untuk " kawin lari " ( capek dehhh:))..., namun yang namanya " hukum karma " tidak bisa di ajak kompromi, kami menemui banyak kesulitan untuk melangsungkan pernikahan dan singkatnya kami berdua " menyadari sepenuhnya " untuk berpisah secara baik-baik....the end !.

Mungkin pengalaman saya ini bisa dijadikan acuan buat anda......dan saya hanya dapat menyarankan " Jangan terlalu dipaksakan jika memang perpisahan itu mesti terjadi ". Pacar anda " lebih berat " dengan ortunya dan TELAH MEMILIH UNTUK MENURUTI KEHENDAK ORTUNYA DARIPADA ANDA !!, artinya : - Dia telah dapat "melepaskan" anda, lalu mengapa anda masih belum dapat "melepaskannya ?"....segeralah ambil sikap, dan percayalah... ini adalah awal dari sebuah kebahagiaan di sesi yang berikutnya!!

" Pertahankanlah sesuatu yang memang patut untuk dipertahankan, namun jangan lupa untuk melepaskan jika semua usaha untuk mempertahankan sudah tidak ada lagi . Karena akibatnya adalah penderitaan yang berkepanjangan dan anda telah menyia-nyiakan hidup anda sendiri "


_________________
Salam Metta,
Sabbe satta bhavantu sukhitatta

ferdy
1st Grade
1st Grade

Male Leo Cat
Jumlah posting : 5
Points : 18
Join date : 05.09.09
Age : 29
Lokasi : Bekasi

Re: hubungan beda agama

Post by ferdy on Sun Sep 06, 2009 4:40 pm

trimakasih atas petunjuk dn saran teman2,!!
skrng sy jd lbh mengerti dan dpt brpikir lebih positif dngan apa yg sy alami,!!
skrng tinggal sy yg hrus mencoba dn blajar untk melepaskan,,!!

co_ols
Admin
Admin

Male Sagittarius Jumlah posting : 1554
Points : 3046
Join date : 31.03.09
Lokasi : JAPAN ( JAkarta PANas )

Re: hubungan beda agama

Post by co_ols on Sun Sep 06, 2009 5:55 pm

tanhadi wrote:
" Pertahankanlah sesuatu yang memang patut untuk dipertahankan, namun jangan lupa untuk melepaskan jika semua usaha untuk mempertahankan sudah tidak ada lagi . Karena akibatnya adalah penderitaan yang berkepanjangan dan anda telah menyia-nyiakan hidup anda sendiri "
mantap petunjuk dari om....

seandainya saja saya mengenal om sejak dulu dan mendapat bimbingan dari om tentunya dulu saya takkan menyia-nyiakan hidup saya selama bertahun-tahun... ooo 5 tahun sengsara.

co_ols
Admin
Admin

Male Sagittarius Jumlah posting : 1554
Points : 3046
Join date : 31.03.09
Lokasi : JAPAN ( JAkarta PANas )

Re: hubungan beda agama

Post by co_ols on Sun Sep 06, 2009 6:03 pm

tanhadi wrote:Jodoh itu ada waktunya dan ada beberapa macam, al:

** Jodoh sebatas umur , yang akan terpisahkan bila salah satu dari pasangan meninggal dunia terlebih dahulu.
** Jodoh sebatas perceraian , yang akan berakhir bila terjadi perceraian/cerai hidup dalam kehidupan saat ini juga.
** Jodoh sebatas perkenalan, yang akan berakhir segera setelah saling mengenal, kemudian berpisah.
** Jodoh sebatas Waktu, yaitu akan berakhir dalam hitungan perjalanan waktu..yaitu; hari, bulan dan tahun, kemudian setelah itu berakhir.

Semua itu tak lepas dari hukum sebab-akibat/hukum Karma,yang merupakan hasil dari perbuatan-perbuatan kita sendiri.
wah saya baru tahu kalau jodoh itu ada jenis waktunya....

cinta saya selalu bertepuk sebelah tangan, berarti jodoh saya hanyalah sebatas perkenalan, takdirrrr memang kejammmMMM.... tidak punyaaaa perasaannnnn.......... frusty jadi bhikshu aja deh gw..

Johanes
5th Grade
5th Grade

Male Cancer Cat
Jumlah posting : 209
Points : 516
Join date : 13.06.09
Age : 41
Lokasi : Jakarta

Re: hubungan beda agama

Post by Johanes on Sun Sep 06, 2009 6:54 pm

@suhu tanhadi, terima kasih juga suhu atas pencerahannya yang sungguh bijaksana...

Johanes
5th Grade
5th Grade

Male Cancer Cat
Jumlah posting : 209
Points : 516
Join date : 13.06.09
Age : 41
Lokasi : Jakarta

Re: hubungan beda agama

Post by Johanes on Sun Sep 06, 2009 7:00 pm

@cools, jadi bhiksu... Kenapa tidak... Kadang aku yg tlah berkluarga saja sering berpikir... Knapa aku tak jadi bikhu saja... Tapi sepertinya aku blum mampu dan blum pantas...

Effendi / Kiki
1st Grade
1st Grade

Jumlah posting : 5
Points : 12
Join date : 13.09.09

Re: hubungan beda agama

Post by Effendi / Kiki on Sun Sep 13, 2009 9:47 pm

Cinta tak harus memiliki, Kadang kala kita harus melepaskan cinta tersebut
Karena cinta yang sejati selalu ingin membahagiakan orang yang dicintai.

Memang Kadang Kadang kalo berbicara Soal dua Insan yang beda agama sulittt sekali.
Tapi hendaknya agama jangan dijadikan masalah yang dapat menggangu hubungan berdua.

Ingat Cinta Yang Sejati Selalu Dapat menerima kelebihan & kekurangan.


Kebahagiaan ada untuk mereka yang tersakiti, Mereka yang telah mencari dan Mereka yang telah mencoba.
Jadi mudah mudahan anda dapat segera mendapat pengganti pasangan anda & Moga2 juga bisa seagama.

BBU . THX

sinkie
1st Grade
1st Grade

Jumlah posting : 7
Points : 18
Join date : 21.09.09

Re: hubungan beda agama

Post by sinkie on Tue Sep 22, 2009 1:41 am

melupakan orang yg kita cintai memang teramat sulit.membutuhkan waktu yg panjang.
kalau seandainya udah tidak mungkin jangan dipaksakan. saya lahir dan dibesarkan di Aceh. yaitu negara sariat islam. memang haram bagi mereka kalau seorang anak menikah dgn orang yg berlainan Agama. sebab yg berdosa dan menanggung akibat adalah orang tua. diakhirat mereka harus menerima hukuman. memang lain lalang lain belalang..
jadi saran saya....anggaplah dikelahiran yg lampau anda pernah menjadi orang tua sang gadis. yg sekarang berbalik kepada anda.
bunglah perasaan benci dan dendam anda....agar tidak terjerat oleh KARMA yg akan terus berputar.

hanya sekedar saran...kalau ada kesalahan mohon di maafkan.


SALAM METTA.

Sponsored content

Re: hubungan beda agama

Post by Sponsored content Today at 7:08 pm


    Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 7:08 pm